Selasa, 03 Februari 2009

Krisis Ekonomi, Proyek listrik Jalan Terus

Meski Krisis, Proyek Listrik Jalan Terus
Suhendra - detikFinance


Foto: Dadan/detikFinance

Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk tetap melanjutkan proyek-proyek pembangunan pembangkit listrik meskipun harus berhadapan dengan krisis keuangan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro dalam acara diskusi energi di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (4/2/2009).

Pembangunan proyek listrik tersebut termasuk proyek 10.000 MW tahap pertama dan tahap kedua. Selain itu pemerintah akan tetap mengembangkan proyek-proyek listrik pedesaan melalui anggaran negara (APBN).

"Walaupun krisis tahun ini pembanguan listrik harus tetap jalan, kalau tidak dilakukan maka kalau ada krisis lagi pemerintah selanjutnya yang kena, ini sudah kita pikirkan jauh-jauh," ujar Purnomo.

Saat ini, kata dia pengembagan sektor listrik sejalan dengan tersedianya sumber energi primer yang tersedia didalam negeri, misalnya proyek 10.000 MW yang memerlukan kebutuhan 70 juta ton batu bara per tahun.

Ia menguraikan mengenai perananan kontribusi sektor ESDM mencapai 36% dari pendapatan negara atau Rp 346,3 trilun. Namun yang mampir kembali ke Departemen ESDM hanya Rp 5,8 triliun atau 1,7% dari APBN 2008. Sekitar 80% dari dana tersebut dialokasikan untuk listrik pedesaan.

Tidak ada komentar: