Senin, 26 Januari 2009

Layanan Internet Gratis Diperluas

23-01-2009
Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) yang dilakukan Pemprov Gorontalo melalui Badan Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi Informasi ( Balihristi ) tak hanya di lingkungan pemerintah semata. Lebih dari itu pengembangan serupa juga diperuntukkan dalam pelayanan masyarakat. Khususnya kemudahan untuk mengakes informasi melalui internet gratis.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Balihristi Provinsi Gorontalo Rudi Iriawan mengungkapkan, disamping connectit antar pemerintah ( government to government, G to G ), pada tahun 2009 ini akan dikembangkan pula pemanfaatan TIK yang diperuntukan dalam pelayanan masyarakat. Dalam hal ini pengembangan TIK untuk kemudahan mengakses informasi melalui internet gratis. “Baik melalui fasilitas media center maupun melalui layanan pada area hotspot / wifi yang ada di Media Center Balihristi, Kantor Gubernur Gorontalo dan halaman / taman di depan Rumah Dinas Gubernur Gorontalo.

Khusus area hotspot, Balihristi berencana akan menambah lokasi layanan. Diantaranya taman anjungan Dulohopa Kota Gorontalo, di sekitar taman Menara Limboto serta di pusat keramaian komunitas masyarakat di wilayah Kabupaten Bone Bolango. “Dengan demikian pemanfaatan TIK dalam mengakses informasi internet secara gratis oleh masyarakat akan semakin luas.

Sebelumnya untuk layanan hotspot / wifi untuk internet gratis telah dikembangkan Balihristi Provinsi Gorontalo sejak 2008 lalu di tiga lokasi. Yakni area halaman Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, Kantor Gubernur Gorontalo serta Media Center Balihristi yang terletak di kantor Balihristi Provinsi Gorontalo. Pengembangan layananan hotspot / wifi internet gratis ini pun mendapat antusias oleh warga masyarakat. Baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ini terlihat aktivitas para warga yang memadati kantor Media Center Balihristi setiap hari untuk berinternet secara gratis.

Tidak ada komentar: