Senin, 26 Januari 2009

TKW Umi Saodah Yang Terjebak di Jalur Gaza, Telah Berhasil Dievakuasi ke Cairo

23-01-2009
Setelah melalui koordinasi yang cukup intens antara KBRI Cairo dengan pihak-pihak terkait di Indonesia, Mesir dan Palestina, akhirnya pada Kamis (22/01/09), Sdri. Umi Saodah, TKW yang terjebak di Jalur Gaza, berhasil di evakuasi oleh Tim KBRI Cairo. Pada pukul 18.00 waktu setempat, Umi Saodah diserahterimakan dari Mr. Abu Ja’far (Komite Rekonsiliasi Palestina/Ikatan Ulama Palestina) kepada Counsellor KBRI Cairo, Muhammad Abdullah di pintu perbatasan Rafah Mesir.

Dimulai dengan komunikasi yang cukup panjang antara pihak KBRI Cairo dengan Bulan Sabit Merah Palestina, dan setelah memperhatikan situasi yang dinilai cukup kondusif dengan berlakunya gencatan senjata di Gaza, Dubes RI Cairo memerintahkan tim evakuasi untuk segera menuju Rafah, Mesir pada Selasa (20/01/09). Rencananya, tim bermaksud untuk memasuki Jalur Gaza Palestina, namun aparat berwenang Mesir tidak mengijinkan karena alasan keamanan. Hal ini memaksa KBRI Cairo melakukan koordinasi kembali dengan berbagai pihak terutama untuk memastikan lokasi keberadaan Umi Saodah dan melakukan negosiasi kemungkinan evakuasi.

Koordinasi intens juga dilakukan dengan pihak kehakiman di Gaza guna memastikan ijin evakuasi, mengingat status Umi Saodah masih dalam proses hukum dan tidak memiliki dokumen perjalanan. Dalam proses ini, nama harum Indonesia sebagai pendukung tradisional Palestina, berikut tingginya solidaritas dan semangat masyarakat Indonesia dalam membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina menjadi salah satu kunci yang memudahkan evakuasi Umi Saodah ke Cairo.

Selama proses evakuasi tersebut, KBRI Cairo dibantu berbagai pihak antara lain Bulan Sabit Merah Palestina, Bulan Sabit Merah Mesir, Aparat Keamanan dan Kehakiman Gaza di Palestina, dan MER-C Indonesia. (Sumber: KBRI Cairo)Ss

Tidak ada komentar: